PENERAPAN MODAL INTELEKTUAL DAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KOTA PANGKALPINANG: STUDI KASUS PADA PENGUSAHA GEN Z
DOI:
https://doi.org/10.33019/ijab.v6i2.108Kata Kunci:
Modal Intelektual, Teknologi Digital, Gen Z, UMKM, DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan modal intelektual dan teknologi digital terhadap
perkembangan UMKM yang dikelola oleh pengusaha Gen Z di Kota Pangkalpinang. Pendekatan yang
digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus natural bertipe snapshoot, untuk mendalami fenomena
pengelolaan UMKM di era digital. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari 10
informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan mencocokkan hasil
wawancara dan observasi dengan parameter modal intelektual serta penggunaan teknologi digital yang telah
disusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha Gen Z secara aktif memanfaatkan modal intelektual
berupa kreativitas, pengetahuan pasar, dan keterampilan teknis dalam mengelola UMKM mereka. Teknologi
digital, terutama media sosial dan e-commerce memainkan peran penting dalam pemasaran dan peningkatan
efisiensi operasional. Temuan ini dikaitkan dengan Teori Kapabilitas Dinamik yang menekankan pentingnya
kemampuan adaptasi dan inobasi dalam menghadapi dinamika bisnis yang cepat. Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan wawasan bagi UMKM di Kota Pangkalpinang untuk dapat meningkatkan data saing di era
digital.
Kata kunci: Modal Intelektual, Teknologi Digital, Gen Z, UMKM, Digital
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rulyanti Susi Wardhani, Afifah, Alyah Rahmi, Bessek Tenri Ampa, Dio Cahyono

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.